Sabtu, 06 Oktober 2012

Interview Of The Day : LIONEL MESSI

Messi: "Klub ini adalah rumah saya"


Lionel Messi disela latihan rutinnya bersama FC Barcelona

Wawancara ini diliput oleh El Pais yang terdapat di totalbarca.com. Saya menerjemahkan dari versi aslinya yang berbahasa Inggris.




Tidak setiap harinya mendapat wawancara ekstensif seorang Lionel Messi. Baru-baru ini El Pais mewawancarainya untuk membahas berbagai topik: masa lalunya sebagai pemain muda, Real Madrid, dan karakteristik yang mendefinisikan Tito Vilanova FC Barcelona. Beberapa kutipan dari wawancara tersebut.



Apakah Anda merasa seperti sudah membayar kembali Barca untuk apa yang mereka lakukan untuk Anda ketika masih kecil?



Tidak, tidak ... Saya selalu ingin menunjukkan bahwa saya berkomitmen untuk klub. Mungkin itu lebih terlihat ketika saya mulai bermain untuk tim. Ini adalah rumah saya, klub saya. Saya berutang segalanya untuk Barca. Dan, seperti saya selalu katakan, saya sangat senang di sini.

Anda telah mengatakan bahwa Anda lebih mementingkan gelar tim dibandingkan pencapaian pribadi Anda. Apakah ada sebenarnya gelar yang ingin anda menangi?

Ya, saya lebih memilih untuk memenangkan gelar dengan tim sebelum hadiah individu atau jumlah goal. Saya lebih peduli tentang menjadi orang baik daripada menjadi pesepakbola terbaik di dunia. Selain itu, pada akhirnya, ketika semua ini selesai, apa yang bisa Anda dapatkan? Harapan saya adalah bahwa ketika saya pensiun bahwa saya dikenang sebagai orang yang baik. Saya ingin mencetak gol, tapi saya juga ingin berteman baik dengan rekan tim saya. Ada baiknya untuk dihargai sebagai pribadi, tentang siapa sebenernya anda dibandingkan menjadi orang yang mencetak banyak gol.

Bagaimana dengan kemungkinan menang keempat Anda Ballon d'Or?

Memenangi sesuatu selalu menyenangkan. Saya menghargainya, tentu saja. Tapi jauh di bawah, ini adalah sesuatu yang Anda [pers] lebih peduli dengan ... pertanyaan-pertanyaan tentang siapa yang lebih baik dari siapa yang konstan. Xavi atau Iniesta? Siapa tahu jawaban untuk itu? Saya beruntung telah mendarat di Barca, di mana ada pemain yang sangat baik. Mereka telah memberi saya segalanya: penghargaan individu, gelar, goal, segalanya. Tim ini telah disediakan tempat dalam sejarah untuk segala sesuatu yang telah memenangkan. Saya beruntung bahwa saya bisa bermain di sini dan bahwa saya bisa bermain untuk Argentina, di mana saya bisa bermain dengan pemain yang fantastis. Ini sangat mendasar untuk bisa bermain dengan rekan tim berkualitas. Tim ini membuat saya menjadi pesepakbola yang lebih baik, itu sudah pasti. Tanpa bantuan dari rekan tim saya, saya tidak akan menjadi apa-apa, saya tidak akan memenangkan apapun. Tidak ada penghargaan individu, tidak ada gelar, tidak ada semuanya.

Apa yang membuat Anda gila?

Saya tidak suka kalah.

Bagaimana dengan di luar sepak bola?

Dalam kehidupan, saya benci kemiskinan. Saya berasal dari negara di mana kemiskinan sangat terlihat. Ada banyak anak-anak yang tidak memiliki alternatif lain selain mengemis di jalan atau mencoba untuk menemukan pekerjaan ... kita sedang berbicara tentang anak-anak yang sangat muda.

Anda memiliki sebuah yayasan yang membantu anak-anak berisiko

Ya, kami fokus pada pendidikan, kami mencoba untuk menolong mereka dari jalanan melalui pendidikan dan olahraga. Kami bekerja sama dengan UNICEF, rumah sakit, sekolah ... itu bagus untuk dapat membantu.

Anda tergerak ketika anak-anak datang kepada Anda. Mengapa demikian?

Anak-anak yang murni, terutama ketika mereka masih muda. Mereka melihat Anda dan mereka berubah. Beberapa dari mereka malu. Mereka tidak bicara, mereka tidak mengerti mengapa saya di sana atau mengapa saya berbicara dengan mereka. Mereka hanya melihat saya di TV jadi ketika mereka melihat saya secara pribadi mereka takut. Hal yang membuat saya senang ketika dapat membuat anak senang.

Kau selalu diawasi karena kau terkenal. Apakah menjengkelkan?

Tidak, karena saya tidak berubah. Saya adalah orang yang sama baik didalam maupun diluar lapangan. Itu tidak mengganggu saya selama saya menjadi diri sendiri. Saya adalah saya. Pada awalnya saya sedikit malu, tapi itu sudah lama sekali.

Anda pernah mengatakan lebih sulit untuk meniru Iniesta atau Xavi daripada untuk melakukan apa yang Anda lakukan di lapangan. Apakah mudah untuk melakukan apa yang Anda lakukan?

Saya melakukan apa yang saya bisa untuk membantu tim ... saya tidak tahu cara bermain seperti mereka. Saya hanya mencoba untuk membantu tim, selalu. Saya benar-benar tidak ingin kehilangan dan saya mencoba untuk membantu sehingga kita bisa menang. Saya selalu mengatakan bahwa saya pergi keluar ke lapangan dengan tujuan untuk menang, bukan untuk mencetak gol.

Tito mengatakan bahwa apa yang Anda lakukan menghadapi pemain-pemain terbaik di dunia adalah apa yang Anda lakukan menghadapi lawan 14-tahun Anda.

Gaya bermain saya tidak banyak berubah, itu benar, meskipun itu jelas bahwa saya telah belajar banyak hal sejak saya mulai. Itu membantu bahwa saya datang ke Barcelona dan bahwa saya harus belajar dalam sistem tim junior. Baru kemarin saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan anak-anak berusia 7 tahun, cara pemain muda dilatih di sini berbeda. Ketika saya masih kecil, mereka mengajari saya untuk bermain bola, menjaganya, taktik dan bagaimana cara memahami permainan. Anak-anak bermain seperti yang kami lakukan! Saya akan selalu terkejut dengan itu.

Apa yang dikatakan tentang sistem pembinaan pemain muda Barca yang Anda dan dua rekan dari tim U14 yang sekarang bermain dengan tim senior?

Ini adalah contoh bagaimana Barcelona bekerja. Kami tahu tim yang memiliki salah satu generasi terbaik dalam sepak bola muda Barcelona. Dalam tim pertama saya (U14) ada tiga pemain [Piqué, Cesc, dan Messi], tapi ada pemain lain yang kemudian menjadi profesional seperti Vázquez dan Valiente - keduanya telah bermain untuk Spanyol. Tapi kami tahu bahwa kebanyakan dari kami akan melakukannya, dan jika ini bukan untuk menjadi tim utama Barca, kami harus membuat permainan kami hidup untuk klub lain.

Apakah Anda pernah mendapat masalah ketika Anda adalah pemain muda ...

Saya tidak ingat! [Tertawa]. Saya yakin kita mendapat masalah karena kami adalah tim yang baik, dan juga berbahaya!

Apakah benar bahwa Piqué akan membela Anda dari permainan kasar?

Ya, dia seorang anak yang cukup besar dan kami semua kecil. Papa [Daddy] akan membela kita semua.

Ini mengejutkan karena sangat sulit untuk merebut bola darimu dan Anda bukan "diver" baik ...

Saya sudah seperti itu sejak kecil. Saya selalu berusaha untuk menyelesaikan permainan. Saya tidak tahu ... Saya tidak pernah melihat untuk itu, tidak pernah berpura-pura dalam bermain.

Mereka mengatakan bahwa ketika Anda seorang pemain muda bahwa Anda adalah satu-satunya pemain yang tidak pernah benar, bahwa karakteristik Anda selalu dihormati.

Saya telah memperbaikinya, tapi saya tidak benar-benar ingat apa-apa yang spesifik. Mereka menghormati cara saya bermain, tapi itu benar bahwa filsafat di sini adalah untuk bermain satu sentuhan sepakbola. Tapi saya tidak pernah mengoper bola! Mereka selalu mengatakan kepada saya untuk mengoper bola tetapi mereka menyadari bahwa itu tidak bekerja dan mereka menyerah. Sedikit demi sedikit saya mulai lebih banyak mengoper bola. Tapi ketika saya pertama kali mulai bermain ... Saya tidak memberikannya kepada siapa pun!

Apa mendefinisikan tim ini?

Hal terbaik tentang tim ini adalah bahwa kita selalu berusaha untuk memenangkan permainan kami. Tetapi di atas semua, ini adalah bahwa tim yang memiliki ambisi. Bahkan setelah semua yang telah kami menangi, kami masih marah jika kami kehilangan perebutan bola dalam sesi pelatihan. Itulah hal terbaik tentang tim ini, ambisi kami.

Apakah Pep bertanggung jawab untuk itu?

Ya, Pep menunjukkan kita jalan dan kami mengikutinya. Dia membuat kami bermain dengan tujuan selalu memiliki inisiatif, untuk selalu mencoba dan mencetak gol. Dia memberi kita sikap dan keyakinan bahwa kita bisa menang. Itu spektakuler. Dia fenomenal dalam analisis pertandingan dan bagaimana ia mempersiapkan pemainnya untuk pertandingan. Saya tidak berpikir kami pernah melihat manajer lain seperti dia.

Rijkaard adalah yang pertama. Apakah Anda masih marah bahwa Anda tidak bermain di final Paris?

Saya hampir berutang segalanya untuk Rijkaard. Dia adalah orang pertama yang memiliki keyakinan dalam diriku, dia memberi saya debut dengan tim utama ketika saya masih muda, dia tahu bagaimana menangani saya. Dia bijaksana dengan tidak membiarkan saya bermain [final Paris], pada saat itu saya tidak mengerti dan saya marah tentang hal itu, tapi kemudian saya mengerti. Segala sesuatu yang datang setelah itu adalah berkatnya.

El-Clásico mana yang Anda paling ingat?

Saya ingat semua yang kami menangi. Ini adalah hal terbaik jika mengalahkan Madrid. Mereka adalah tim yang fantastis. Tapi jika saya harus memilih satu pertandingan, saya akan memilih semi-final di Liga Champions, karena hasilnya sangat berarti bagi Barca.

Anda senang dapat mencetak gol ke gawang Casillas. Apa maksudnya, apakah Anda tidak menyukainya?

Tidak, justru sebaliknya. Saya beruntung bahwa saya bisa mencetak gol dalam pertandingan melawan Madrid. Saya berharap dapat melanjutkannya. Iker adalah kiper yang hebat, salah satu yang terbaik. Saya telah mencetak gol kegawangnya, tapi dia digagalkan begitu banyak peluang saya. Dia sangat baik dan sangat cepat.

Apa yang Anda kagumi paling tentang Madrid?

Saya benar-benar ingin bermain di Bernabéu. Madrid adalah klub dengan banyak sejarah.

Bagaimana dengan tim Mourinho?

Real Madrid dapat mengalahkan anda dengan serangan balik. Mereka memiliki pemain depan yang sangat cepat dan transisi pertahanan-serangan ini dilakukan dalam waktu kurang dari lima detik, kemudian mereka mencetak gol. Mereka tidak harus bermain dengan baik untuk mencetak gol. Mereka menciptakan banyak peluang karena para pemain yang sangat, sangat baik. Saya cukup beruntung telah bermain bersama Higuain dan Di María. 'El Pipa' menyentuh dua bola dan dia mencetak dua gol ... Dari situlah Madrid dapat mengalahkan Anda.

Sumber: ElPais.com, terjemahan bahasa Inggris: fcbarcelona.com, Gambar Kredit: Miguel Ruiz (FCB)

Agree?
See you.. ^_^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar