Jumat, 26 Oktober 2012

20 Film Jepang Yang Wajib/Kudu Ditonton - PART 2


Recomended by Fajar Nuswantoro




Please relax, free your mind, take easy, and here we goo..!! 

11. 13 ASSASSINS / JUSAN-NIN NO SHIKAKU (2010)

Director : Takashi Miike
Writer : Kaneo Ikegami (based on a screenplay by), Daisuke Tengan (screenplay)
Stars : Kôji Yakusho, Takayuki Yamada and Yûsuke Iseya


Review : Di era pemerintahan Shogun Jepang 23 tahun sebelum berakhirnya era shogun terakhir Tokugawa, berkuasalah seorang Lord Matsudaira Naritsugu (Gorô Inagaki) adik Shogun Naritsugu penguasa klan Akashi yang terkenal kejam kepada rakyatnya. di masa yang genting tersebut seorang Samurai bernama Shinzaemon (Kôji Yakusho) diminta melakukan sebuah misi rahasia, yaitu membunuh Narigutsu. Untuk mengambil nyawa seorang Narigutsu tidaklah mudah, karena ia di lindungi oleh banyak pasukan samurai, selain itu ada seorang teman Shinzaemon, Hanbei (Masachika Ichimura) yang pernah satu dojo dengannya. Apakah ini misi bunuh diri?

Kesan : Takashi Miike? Oh inikan sutradara film Ichi The Killer pernah saya tonton, langsung terbayang film ini di penuhi adegan berdarah-darah. Itu ekspektasi saya saat melihat film ini. Setelah ditonton ternyata semua ekspektasi saya terbantahkan.
Dimulai dengan satu jam pertama di film ini Miike menyuguhkan drama yang menaikan tensi penonton penuh polemik dan kasat-kusut para samurai, mulai dari masalah kesetiaan sampai penghianatan. 

Lord Naritsugu Matsudaira: Once I’m on the Shogun’s council, let’s bring the age of war

Setidaknya tidak butuh waktu lama untuk bisa menyaksikan adegan pertarungan keroyokan ala Takashi Miike, setengah film sampai akhir akan menjadi angin topan yang menerpa penontonnya,  di tahun 2011 ini film 13 Assassin mempunyai adegan pertarungan paling epik yang pernah gw tonton, tensi pertarungannya benar-benar terjaga mengingatkan saya pada film jadul samurai seven karya master Akira Kurosawa hampir semua karakternya mempunyai chemistry yang sama. Recommended banget lah buat penggemar film epic, trust me.:)

Download Link (Credit to Uploader) :
IDWS part 1 |  IDWS part 2 |  IDWS part 3 |  IDWS part 4 | Hardsub



12. DEPARTURES / OKURIBITO (2008)

Director : Yôjirô Takita
Writer : Kundô Koyama
Stars : Masahiro Motoki, Ryôko Hirosue and Tsutomu Yamazaki


Review : Daigo Kobayashi (Masahiro Motoki) adalah seorang pemain cello sebuah orkestra yang harus melupakan mimpinya sebagai pemain cello professional dikarenakan orkestranya tersebut harus gulung tikar. Daigo bersama istrinya (Ryôko Hirosue) akhirnya memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya untuk memulai sesuatu yg baru. Tanpa disengaja disini Daigo menemukan pekerjaan yg tidak ia duga sebelumnya, pekerajaan sebagai Nokanshi atau encoffineer atau pemandi dan perias jenasah yg dipersiapkan untuk dikremasi dalam perjalanan ke kehidupan selanjutnya. Semudah itukah ?

Kesan : Okuribito/Departures menurut saya adalah film Jepang terbaik di tahun 2008, memang gak salah film ini menang Oscar untuk film berbahasa asing terbaik. Walaupun cerita yg diangkat bertema kematian, namun kematian disini digambarkan dengan indah, penuh kelembutan dan penuh dengan emosi, diiringi dengan music score yang sangat menyentuh khas film-film drama Jepang yg mampu menambah makna film ini.
Kita diajak melihat bagaimana pekerjaan sebagai Nokanshi bukanlah seburuk seperti yang dibayangkan, Nokanshi dilakukan dengan penuh perasaan dan memliki seni tersendiri, sampai-sampai kita bahkan tidak bisa melihat bagian tubuh (kecuali Kepala) yang dimandikan, padahal hal tersebut dilakukan didepan banyak orang. 
Disamping itu kita juga diajak melihat perjalanan seorang Daigo dalam mencari jati dirinya dan berdamai dengan masa lalunya bersama istrinya yg setia. Overall  film yang wajib untuk ditonton bagi penggemar film-film drama berkualitas tinggi. :)

Download Link (Credit to Uploader) :
IDWS part 1 |  IDWS part 2 | Substitle |



13. DEATH NOTE "FIRST NAME" & "LAST NAME" (2006)

Director : Shûsuke Kaneko
Writer : Tsugumi Ohba (comic), Takeshi Obata (comic), and Tetsuya Oishi (screenplay)
Stars : Tatsuya Fujiwara, Takeshi Kaga, Erika Toda and Shidô Nakamura


Review : Light Yagami (Tatsuya Fujiwara) adalah seorang murid sma berumur 17 tahun yang sangat pandai. Suatu hari dia menemukan death note (dan seketika dia dapat melihat shinigami pemilik death note tersebut). Setelah dijelaskan kegunaannya (tuliskan nama orang, maka dia akan mati sesuai keinginanmu), Light akhirnya memutuskan untuk membunuh semua penjahat di dunia ini untuk menciptakan sebuah 'dunia baru' yang damai dan tentram. Semudah itukah ?
Tidak, pihak kepolisian sudah menggunakan berbagai cara untuk menangkap pembunuhan yang semuanya berhasil di di gagalkan oleh Light. Hingga akhirnya detective terhebat saat itu berinisial L (Ken'ichi Matsuyama) pun turun tangan. Akankah Light berhasil menjadi 'Dewa di dunia baru' ?

Kesan : Apakah sebenarnya makna keadilan itu ? 
Ketika satu pihak berprinsip "Aku cukup sadar jika membunuh orang adalah kejahatan itu sendiri! Namun, dalam hal itu, inilah satu-satunya cara untuk membuat semua hal benar! Aku berpikir ke diriku sendiri jika suatu hari orang-orang akan sadar ini ini cukup, dan menganggapnya sebagai aksi keadilan" dan satu pihak berprinsip "Bukan perkara bagaimana kau menggunakanya, semua yang didapat dari membunuh orang tidak akan membawa kebahagiaan sebenarnya" dan kedua-duanya mengatas namakan keadilan.
Dalam film garapan Shûsuke Kaneko ini adrenalin dan idealisme kita seakan-akan "dikocok-kocok" oleh pertarungan antara Yagami Light dan L, dua orang super jenius, antara super villian dan super detective, antara kegelapan dan cahaya, antara keadilan dan keadilan, bagaikan melihat dua orang duduk bermain catur, sedikit saja melakukan kesalahan checkmate!!  Bukan hanya dari segi cerita yang memukau, tetapi akting keduanya begitu dinamis, belum lagi pemeran Misa-chan (Erika Toda) dan Souichiro Yagami (Takeshi Kaga) yang cukup tragis.

L Lawliet saysLet's show him, that the good guys always win, Justice will prevail no matter what !!

Layaknya film detektif pada umumnya, penonton diajak duduk terdiam menantikan lebih banyak kejutan dan apa yang akan terjadi selanjutnya. Karakteristik tokoh dan prinsipnya, mencerminkan realitas dari idealisme kita sendiri. Ya kita bisa sejahat iblis dan sebijaksana malaikat. Plot sederhana namun begitu kompleks. Yang benar-benar membuat menarik adalah keseluruhan dari cerita Deathnote itu sendiri, tanggung jawab, pilihan, pengorbanan demi keyakinan seseorang dan moral. Ini semacam film yang mengajak anda berfikir dan merenungi hingga akhirnya menyerap cerita dan membiarkan diri terhibur. Bila anda suka tipe film seperti Sherlock Holmess, Raven dan film detektif lainnya, maka film direkomendasikan untuk anda. :)

Download Link (Credit to Uploader) :
Death Note : First Name | IDWS part 1 | IDWS part 2 | pass : padawannote
Death Note : Last Name | IDWS part 1 | IDWS part 2 | IDWS part 3 | IDWS part 4 |pass : padawannote



14. LOVE EXPOSURE / AI NO MUKIDASHI (2008)

Director : Shion Sono
Writer : Shion Sono (screenplay), Shion Sono (story)
Stars : Takahiro Nishijima, Hikari Mitsushima and Sakura Andô


Review : Yu (Takahiro Nishijima) hidup di keluarga penganut kristen taat. Saat ibunya meninggal, ayahnya, Tetsu, menjadi pendeta. Seorang perempuan lain, Kaori, datang dan menjadi kekasih ayahnya. Mereka berdua diam-diam menjalin hubungan sampai Kaori bosan dan meninggalkan Tetsu. Depresi, Tetsu memaksa Yu mengaku dosa setiap hari. Yu yang sebenarnya anak baik-baik terpaksa melakukan tindakan tak terpuji agar bisa mengaku dosa pada ayahnya. Yu pun berguru pada master panties-hentai bagaimana mengambil foto celana dalam wanita secara profesional. Sampai ia bertemu dengan Yoko (Hikari Matsushima) dan Aya Koike (Sakura Andô).

Kesan : Ini film jepang dengan durasi paling panjang yang pernah saya tonton, total durasinya 4 jam meeen!! Belum lagi sutradaranya cukup membuat bulu kuduk merinding, ya Shion Sono dengan kenangan film edannya Suicide Club (2001), Noriko's Dinner Table (2005), sama Exte: Hair Extensions (2007). 4 Jam di hajar ama film macem begitu, bisa-bisa gak doyam makan 1 minggu saya.
Nyatanya, film ini ternyata lucu sekaligus rada ecchi :P. Backsound dan soundtracknya pun mendukung, musik-musik bernuansa ceria mengalun menghiasi scene-scene konyol saat Yu tersenyum puas setelah berbuat buruk demi menyenangkan hati ayahnya (dia dimarahin kalo bilang 'I don't do sinful thing today'). Yang saya rasain selama nonton film ini ketawa, frustasi, takut, jijik, terpesona, sekaligus nangis. Empat jam tidak terasa membosankan karena alur filmnya cukup cepat. Belum lagi ada si cantik Hikari Matsushima memang aktris yang berbakat. di beberapa film dengan peran yang berbeda-beda, jadi anak baik, guru TK, berandalan, istri dan semuanya bagus.
Love Exposure mengajak kita melihat satu cerita dari beberapa chapter dengan sudut pandang dan narasi dari orang yang berbeda. Empat jam yang luar biasa. Saya berkali-kali bergumam 'edan' sambil menggeleng-geleng melihat karya Sion Sono ini. Gila emang ni orang, bisa aja kepikiran cerita aneh absurd kaya gini.

Download Link (Credit to Uploader) :
IDWS part 1 |  IDWS part 2 | IDWS part 3 |Substitle |



15. CROWS ZERO 1 & 2 (2007 & 2009)

Director : Takashi Miike
Writer : Hiroshi Takahashi (comic), Shôgo Mutô (screenplay)
Stars : Shun Oguri, Kyôsuke Yabe and Takayuki Yamada


Review : Berawal dari salah satu SMA di Jepang yaitu SMA Suzuran yang terkenal akan anak-anaknya yang brandal. Bahkan dalam satu sekolahpun mereka berkelahi untuk mendapatkan kekuasaan dan menunjukkan siapa yang terkuat di sekolah itu. Pada saat tahun ajaran baru , munculah seorang anak Yakuza bernama Genji Takiya (Shun Oguri) yang juga berusaha mencapai puncak kekuasaan di Suzuran , ia berambisi membuktikan kepada ayahnya bahwa ia akan menyatukan 3 generasi suzuran dibawah namanya, yang selama ini belum pernah ada yang mencapainya. Akhirnya dengan bantuan seorang yakuza medioker, Ken Katagiri (Kyôsuke Yabe) , Genji mulai mencoba mengumpulkan kekuatan dari nol untuk akhirnya menantang sang senior Tamao Serizawa (Takayuki Yamada) yang saat itu adalah orang paling berkuasa di Suzuran.

Kesan : Inget film ini penuh dengan adegan-adegan perkelahian, tinju, dan darah. Jujur aja saat pertama saya nonton film ini with my sister, dia bilang ini film sampah gak berbobot dan gak berpengaruh buruk untuk anak-anak. Sejenak saya setuju, tapi setelah itu adu argumen antara kami berdua terjadi. Ya sudahlah jadi out of topic ya..:P
Back to topic, jujur ya scene perkelahian dalam film ini sangat enak untuk ditonton. Mungkin karena pada saat berkelahi , murid-murid Suzuran ini semuanya memakai tangan kosong jadinya feel of fight nya kerasa banget (laki bangeet meen!!). Di point ini saya setuju sama my sister klo film ini berpengaruh buruk untuk anak-anak. Tetapi buat yang bisa melihatnya dari sisi lain , film yang diangkat dari salah satu serial manga di Jepang ini menujukkan harga diri, respek, dan mimpi. Ketiga hal tersebut sangat ditekankan oleh sang sutradara dan ditampilkan dengan sangat baik oleh karakter-karakter yang ada di film ini. Dan satu hal lagi yang selalu hampir ada di semua film Jepang bergenre serupa, film ini juga menunjukkan ikatan persahabatan yang sangat erat.
Settingnya pun sangat meyakinkan. Mulai dari sekolah penuh dengan coretan dimana-mana, kelas-kelas dengan kaca yang pecah sampai anak-anak berdandan punk yang bergerombol sesuai gengnya masing-masing. Lalu dari akting para pemerannya saat melakukan perkelahian juga terasa beneran lagi berkelahi. Mungkin para pemerannya udah ditraining dulu buat berkelahi lawan yakuza beneran kali ya.

Genji Takiya "When you compare them to the poor caged birds that have forgotten to fly,crows are much better, being a Crow is good enough for me."

Hal menarik lainnya dari film yang disutradarai oleh Takashi Miike (you again, damn you!!) ini adalah selain oleh adegan-adegan perkelahian brutalnya , di film ini juga digambarkan bagaimana sebuah struktur yang rapih dari sebuah geng dan bagaimana keberjalanan dari geng itu disamping di saat mereka berkelahi. Buat para anak muda ataupun buat yang masih ngerasa muda yang semangatnya pernah berapi-api , silakan dicoba deh nonton film ini . Kecuali anak-anak dibawah umur dan cewe dan cowo lemah hati loh..hahaha :)

Download Link (Credit to Uploader) :

Crows Zero 1 | IDWS | Hardsub
Crows Zero 2 | IDWS part 1 | IDWS part 2 | subtitle




16. A STRANGER OF MINE / UNMEI JANAI HITO (2005)

Director Kenji Uchida
Writer : Kenji Uchida
Stars : Yasuhi Nakamura, Reika Kirishima and Sô Yamanaka


Review : Berawal pada Jum’at malam yang panjang, ketika Takeshi Miyata (Yasuhi Nakamura),  pekerja kerah putih yang sedang patah hati setelah ditinggal pergi kekasihnya 6 bulan lalu diajak bertemu di sebuah restoran oleh sahabatnya, Yusuke Kanda (Sō Yamanaka) yang juga bekerja sebagai seorang detektif swasta. Di tempat itu dalam rangka menghibur sahabatnya, Yusuke kemudian mempertemukan Miyata kepada seorang wanita asing (Reika Kirishima) yang tepat duduk di meja belakangnya. Disini puzzle jum'at malam yang panjang ini mulai dirangkai, apa yang sebenernya terjadi pada malam itu?

Kesan : Selama ini saya mengira hanya nama-nama besar macam Christopher Nolan, Quentine Tarantino atau Gaspar Noé saja yang mampu memukau saya dengan pengunaan non-linear/twisted plot nya yang tidak lazim itu, tapi rupanya masih ada satu orang sutradara lagi. Ia jelas tidak setenar nama-nama diatas, hanya seorang sutradara yang baru menghasilkan dua film, ia adalah Kenji Uchida. Ya, untuk seorang sutradara ‘kecil’, Uchida mampu menghadirkan hal ‘besar’ seperti yang sudah dilakukan ketiga sutradara handal diatas, bedanya disini sineas Jepang ini menerapkan teknik penceritaan rumit itu dengan lebih sederhana, lebih santai dan yang pasti jauh lebih menghibur ketimbang Memento, Pulp Fiction atau Irréversible karena dari awal A Stranger of Mine memang sudah memposisikan dirinya sebagai komedi satir / black comedy lengkap dengan segala guyonan-guyonan segar, romansa manis dan karakter-karakternya yang unik.
Banyak kejutan-kejutan luar biasa tidak terduga sudah menunggu kita selanjutnya, atau dengan kata lain buang segala pikiran anda yang menganggap bahwa ini adalah sebuah film romantis, karena ketika film ini kemudian bergerak  non linear secara terbalik (baca: mundur) dan berkembang kemana-mana dengan sangat dinamis dan masuk akal itulah yang menjadi nilai lebih dari A Stranger of Mine. Setiap bagiannya di rajut rapi oleh Uchida, setiap kejadian hanya berlangsung dalam rentang satu malam, mempertemukan kita dengan karakter-karakter utama lain, melihat kisah ini dari berbagai sudut pandang berbeda (sudut kamerea berbeda juga) tidak hanya dari posisi bujangan pecundang, dan detektif mata duitan diatas, sebut saja seorang wanita depresi, penipu cantik, dan bos Yakuza. Kehadiran mereka semua lengkap dengan segala tujuan masing-masing jelas secara tidak langsung selain memberi warna film ini,  di sisi lain mereka juga bertanggung jawab untuk mengaitkan setiap segmennya, menjadikan sebuah hubungan sebab akibat, membentuk sebuah keutuhan cerita drama komedi satir romantis yang hebat, menghibur dan juga pintar.
Buat saya menemukan A Stranger of Mine seperti menemukan harta karun terpendam karena jujur saja film ini direkomendasikan oleh teman saya setelah saya menyepelekannya setelah melihat situs sebesar IMDB pun, tidak banyak users yang mengulasnya, tapi jangan salah jika berbicara soal plot atau bagaimana film ini bercerita sepanjang menit, anda mungkin akan sepakat dengan saya untuk mengatakan bahwa Kenji Uchida adalah seorang jenius. Tonton deh..

Download Link (Credit to Uploader) :
IDWS | Hardsub

17. MEMORIES OF MATSUKO (2006) 

Director Tetsuya Nakashima
Writer : Tetsuya Nakashima (screenplay), Muneki Yamada (novel)
Stars : Miki Nakatani, Eita and Yûsuke Iseya


Review : Dimulai dari narasi seorang pemuda bernama Sho Kawajiri (Eita), seseorang yang hidupnya terlihat tidak berguna sama sekali. Kabur dari rumah dua tahun yang lalu dengan tujuan untuk menjadi musisi, namun rencananya tidak berjalan sesuai keinginan. Keluar dari band-nya, diputuskan oleh pacarnya yang terang-terangan mengatakan bahwa “hidup bersamanya benar-benar membosankan”, membuat hidupnya terlihat benar-benar menyedihkan. Tidak ada hal yang dilakukannya selain menonton adult video di kamarnya yang sangat berantakan. Lalu tiba-tiba, setelah dua tahun tidak berhubungan dengan keluarganya, ia tiba-tiba kedatangan ayahnya (Kagawa Teruyuki), yang mengabari bahwa bibinya yang bernama Matsuko Kawajiri (Miki Nakatani) telah meninggal dunia karena dibunuh di sebuah taman entah oleh siapa. Sebelumnya Sho tidak pernah tahu bahwa dia memiliki seorang bibi bernama Matsuko. Ayahnya pun menjelaskan, bahwa Matsuko sudah puluhan tahun tidak berhubungan dengan keluarga mereka. “Her life was meaningless,” kata ayahnya. Ayahnya kemudian meminta Sho untuk membersihkan apartemen yang merupakan tempat tinggal Matsuko dulu. Dan datanglah Sho ke apartemen tersebut, apartemen yang dipenuhi sampah, dan menemukan beberapa hal yang membuatnya penasaran, seperti apakah bibinya tersebut? Seperti apakah kehidupannya yang menurut ayahnya “meaningless” tersebut?

Kesan : Memories of Matsuko telah mengenalkan saya pada sutradara Jepang, Tetsuya Nakashima, berusia 52 tahun ini. Yup, Film drama produksi 2006 itu memang  karya luar biasa yang sukses mengombang-ambingkan emosi penontonnya dalam sebuah kisah super depresif yang terbungkus rapi dalam keindahan visual menawan penuh warna-warni cerah.
Memories of Matsuko bercerita tentang kehidupan seorang perempuan bernama Matsuko Kawajiri (Miki Nakatani), diceritakan dengan musikal dan sedikit komedi (tragicomedy). Film tentang betapa mudahnya hidup seseorang bisa berubah arah saat kita mengambil keputusan tertentu. Tapi Matsuko, dia bukan contoh karakter panutan. Sering kali ia salah jalan dan bersikap egois. Tapi dia hanya ingin membawa kebahagiaan untuk orang lain. Matsuko hanya ingin membuat orang lain bahagia, namun sayangnya hal tersebut malah lebih sering berbuntut pada kemalangan. Ada satu quote bagus yang diucapkan oleh mantan pacar Sho: “A life isn’t valued by what one receives. But by what one gives.” Dan seperti itulah Matsuko, hidupnya mungkin terlihat meaningless karena ia lebih sering mendapat penderitaan dibanding kebahagiaan. Tapi di luar itu ia telah memberikan kebahagiaan kepada banyak orang di sekitarnya, meskipun mungkin tanpa disadari.
Kesimpulannya, Memories of Matsuko bukanlah film biasa. Ini adalah film yang sangat bagus. Cerita, visual, musik, serta akting yang gemilang dari para pemainnya, terutama Miki Nakatani sang pemeran Matsuko, yang lewat film ini meraih penghargaan pada kategori Best Actress di Asian Film Awards 2007, membuat film ini sangat layak ditonton. Siap-siap tersenyum lalu sedih, tersenyum lagi, sedih lagi berulang ketika menonton film ini! Layaknya melihat sebuah roda kehidupan dari seseorang yg selalu berputar.

Download Link (Credit to Uploader) :

18. DETROIT METAL CITY / DETOROITO METARU SHITI (2008) 

Director Toshio Lee
Writer : Kiminori Wakasugi (manga), Mika Ohmori (adaptation)
Stars : Ken'ichi Matsuyama, Yoshihiko Hosoda and Ryûji Akiyama


Review : Negishi (Ken'ichi Matsuyama) adalah pria muda dari desa yang sikapnya lugu dan lemah lembut. Dia memutuskan pindah ke Tokyo karena diterima kuliah di Universitas Tokyo dan karena ia ingin mengejar impiannya sebagai seorang penyanyi pop terkenal melalui lagu-lagu yang di ciptakan. Tapi apa yang terjadi setelah dia lulus kuliah?

Kesan :  Negishi : ”NO MUSIC NO DREAM”. Motto inilah yang mengantarkannya ke jalur musik yang justru sangat sangat berbeda dengan jalur musik yang diharapkannya. Jalur musik apaan tuh? Pop, Jazz, atau Dangdut? Itulah power dari film ini, saya lumayan berhasil dibikin ngakak oleh akting Kenichi Matsuyama di film ini. Salut sama perpindahan karakter dia dari Negishi ke Krauser dan juga sebaliknya, karakter mereka bener-bener kayak orang yang berbeda. Oh iya tiap Negishi nyanyi dan goyang-goyang selalu bikin saya pengen ketawa, ekspresinya itu looooooh. Buang jauh-jauh bayangan karakter L di film Death Note yang udah sangat melekat pada Kenichi dari kepala anda. Yang jelas, film ini saya nilai menghibur banget. Musik-musiknya bagus (bahkan lagunya Nageshi yang di film di ceritakan kacangan sebenernya enak di denger!), campuran dan pemotongan ceritanya juga terasa pas. Oh iya, ada Gene Simmons sebagai cameo lho... Seru khan? Bergaransi ngakak..hahaha :)

Download Link (Credit to Uploader) :
IDWS | Hardsub


19. FISH STORY (2009) 



Director : Yoshihiro Nakamura
Writer : Kotaro Isaka (based upon the novel), Tamio Hayashi (screenplay)
Stars Takako Matsu, Yoshino Kimura and Masaki Okada

Review : Tahun 2012, ramalan yang menyebutkan akhir dari bumi dan umat manusia sudah mendekati kenyataan. Sebuah komet sudah bisa dilihat oleh mata kepala manusia, dan siap menabrak bumi. Beberapa jam sebelum komet tersebut sampai ke bumi, ada 3 orang yang sedang berada di sebuah toko CD. Dua orang di antaranya memiliki keyakinan bahwa bumi akan selamat, dan akan ada pembela keadilan yang akan menyelamatkan bumi dari kehancuran. Dalam toko tersebut, mereka mendengar sebuah lagu yang direkomendasikan oleh sang pemilik toko. Lagu dengan aliran punk tersebut berjudul “Fish Story” yang dibawakan oleh grup band punk bernama Gekirin 37 tahun lalu, satu tahun sebelum band Sex Pistols eksis dan memperkenalkan aliran musik punk pada dunia. Dan dari obrolan inilah terungkap harapan akan keselamatan dunia !!

Kesan : Kadang kita sering kali tidak menyadari, bahwa hal-hal kecil yang kita buat, yang dirasa sederhana dan tidak ada artinya, bisa menimbulkan pengaruh yang kuat kepada orang lain. Bahkan, hal kecil tersebut bisa saja menyelamatkan bumi dari kehancuran. Dalam film ini, hal kecil tersebut digambarkan dengan sebuah lagu punk. Ya, lagu punk ternyata bisa menyelamatkan dunia.
Lalu, bagaimana ceritanya sampai lagu “Fish Story” tersebut bisa menyelamatkan bumi? Yang perlu kamu lakukan hanya menontonnya. Awalnya mungkin kamu akan menganggap film ini sebagai film gak jelas, tapi ketika mencapai endingnya kamu akan merasakan sebuah sensasi yang sulit dideskripsikan. Begitu sampai akhir mungkin kamu akan berseru “DAMN! IT’S A GREAT MOVIE” dalam hati, seperti yang terjadi pada saya, dan langsung pengen mempromosikan film ini ke orang-orang. Kelebihan film ini adalah bagaimana kepiawaian sang sutradara menghubungkan cerita yang seolah-olah tidak nyambung tersebut. Dan menurut saya film ini benar-benar menghibur dan gak bikin stress. :P

Download Link (Credit to Uploader) :
IDWS | Substitle | 



20. KISARAGI  (2007) 



Director : Yûichi Satô
Writer : Yûichi Satô
Stars : Shun Oguri, Yûsuke Santamaria, Muga Tsukaji, Teruyuki Kagawa and Keisuke Koide

Review : Bertepatan dengan satu tahun setelah hari kematiannya itu, 5 orang fans berat Kisaragi Miki yang sebelumnya hanya saling berhubungan melalui internet mengadakan pertemuan dalam rangka mengenang idolanya tersebut. Lima orang tersebut adalah Iemoto (Shun Oguri), Yasuo (Tsukaji Muga), Snake (Koisuke Koide), Oda Yuuji (Yusuke Santamaria), Strawberry Girl (Teruyuki Kagawa). Kecuali Yasuo, semua nama tersebut merupakan nickname mereka di internet dan bukan nama asli mereka, tiba2 mereka membahas tentang kematian kisaragi ini (yg di berita mati karena bunuh diri). Akhirnya mereka ngerasa ada kejanggalan dalam kematiannya kisaragi ini, mereka curiga kalo Kisaragi di bunuh orang. Dan mereka mencoba buat flashback kejadian sebelum Kisaragi ini mati. Dan ternyata semuanya ternyata punya rahasia sendiri-sendiri tentang hubungannya dengan kematian si Kisaragi ini. And the story begin !!

Kesan : Bayangkan selama film berlangsung, kita hanya disuguhkan oleh obrolan kelima aktor diatas, dan hanya berkutat di satu tempat dan satu waktu saja. Ini pertama kalinya saya menonton sebuah film yang sebagian besar adegannya, dari awal sampai akhir, hanya berkutat di satu tempat  dan satu waktu saja. Apakah membosankan? Jelas tidak, bahkan Yûichi Satô membuat alur naik turun, berawal dari comedy, mendadak berubah jadi thriller, twisted hingga membuat saya tidak sedikitpun beranjak dari tempat duduk karena menantikan kejutan-kejutan kecil tak terduga yang semuanya merupakan kunci  dari penyebab kematian Kisaragi Miki. Untuk hal ini saya menyatakan salut pada penulis skenario-nya karena berhasil menyajikan skenario yang sangat cerdas dan menarik. Petunjuk-petunjuk yang dihasilkan melalui dialog-dialog karakternya berjalan dengan runtut dan tetap masuk akal, dan ketika kita dibawa pada bagian akhir, kita akan dibuat tersenyum lebar melihat penyelesaian dari kasus tersebut. 10 jempol juga untuk akting prima dan menghibur dari Shun Oguri, Yûsuke Santamaria, Muga Tsukaji, Teruyuki Kagawa and Keisuke Koide. Sama seperti ketika menonton Fish Story, endingnya memberikan saya kepuasan yang sangat besar. Ini adalah film yang tidak membosankan setelah ditonton berulang-ulang.  Tonton deh..

Download Link (Credit to Uploader) :
IDWS part 1 | IDWS part 2 |Substitle | pass: " 717680 "


OWARI / THE END


Selesai juga review 20 Film Jepang yang saya rekomendasikan untuk anda, mungkin ada banyak judul film bagus yang "seharusnya" masuk kategori diatas, tapi apa daya karena keterbatasan waktu, ingatan dan lain-lain, jadi segitu dulu. Film diatas bersifat relatif, mungkin film-film keluaran baru akan bisa menggeser film-film diatas. Itu yang saya harapkan, akan ada film-film bagus kedepannya.. Amiiin :)


Agree?
See you.. ^_^v

88 komentar:

  1. gw suka tulisan lu jar, hehehe, gw gak bisa mendeskripsikan film2 dengan bahasa yang menarik :(
    keep the good work bro!!

    akting nya Miki di Memories of natsuko 4 thumbs up!

    BalasHapus
  2. Gw setuju ama tom, miki difilm ini prima banget mainnya sebagai matsuko..

    orang gagal yang tanpa disadari selalu bangkit disaat keterpurukan paling ekstrim..4 thumbs up..

    BalasHapus
  3. Dari sinopsis film terakhir (KISARAGI), coba deh agan tonton film hollywood jadul hitam putih yg judulnya "12 angry men (1957)"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaga betul sekali kata agan, saya baru aja nonton film "12 angry men (1957)" bener2 masterpiece ini film.. Cerita sederhana dialog 12 juri yang akhirnya membuat asaya tertahan didepan tv..

      Bedanya dengan kisaragi, "12 angry men" semua deskripsi mengajak kita membayangkan semua potongan kejadian menjadi satu kejadian yang utuh.

      Sejujurnya dari semua rekomendasi film jepang saya diatas, favorit nomor satu saya adalah Kisaragi. Jadi saat menonton 12 angry men seakan menemukan satu harta karun dari tahun 1957

      Hapus
  4. file film kisaragi passwordnya apa?????????????
    mohon pencerahannya...><

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih infonya. ini dia password untuk kisaragi : 717680

      Sudah saya tambah diartikel atas.

      Hapus
    2. Sorry gan untuk pass "717680" wrong password. ad pass word lain ga untuk film kisaragi?

      Hapus
  5. Balasan
    1. Sama-sama sis.. Terima kasih sudah mampir

      Hapus
  6. aduh ane udah download film kisaragi-nya, pas di extract trus masukin passwordnya tetap gak bisa di extract ne gan.. mana filenya gede lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kek ane...
      summon @Fajar Nuswantoro
      :D

      Hapus
  7. saya dapet dari blog lain dan filenya sama,, untuk paswordnya sama kayak di atas cuma diawal dan diakhir pake spasi jadi
    "spasi717680spasi" atau jadinya " 717680 "
    tanda petik saya tulis sbagai penegasan tapi tidak termasuk dalam konten pasword

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya infonya kaNsHa_cHaN..

      Hapus
    2. trus gmn tuh kluar kotak dialog "next volume is required" ??

      Hapus
    3. Jadi setelah download, 2 file diatas harus diekstrak didalam 1 folder.

      Kemungkinan agan kurang 1 file lagi, saat diekstrak.. CMIIW

      Hapus
    4. iya gan hehehe

      subtitlenya yg indonesia gk ad ya gan ?

      Hapus
  8. thanks gan informasinya, jadi gak sia2 gue downloadnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, thanks sudah mampir

      Hapus
  9. good article.. (y) the gantz jg keren lho,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ye gan, betul sih dua seri movies Gantz memang keren secara live action, tapi saya juga sebagai penggemar manga/komik-nya merasa agak kecewa sama versi movie-nya, karena terlalu banyak improvisasi dari segi cerita dari versi manga/komik aslinya..

      Hapus
  10. keren banget tulisanya, sukses memancing saya untuk mantengin komputer seharian buat download film-filmnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, komentar agan juga berhasil memancing semangat saya buat nulis review lg..

      cekidot gan.. (masih under construction sih)

      http://fnuswantoro.blogspot.com/2013/05/15-anime-movie-jepang-terbaik-yang.html

      Hapus
  11. saya tertarik tulisanya gan.
    hehe....
    ada beberapa film yang sudah saya liat, dan saya mencoba membandingkan pemahaman saya terhadap film tersebut dengan ulasan yang anda tulis.
    alhasil tulisan agan sangat menarik dan bisa menampilkan inti cerita dengan sistematis dan efektif.

    lanjutkan gan.
    =D

    BalasHapus
  12. maaf gan ne saya udah download film kasaragi. kok di ekstrak eror ya.
    gmn gan ada solusi gak.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok gan, saya juga downloadnya dari link itu.. Mungkin memang untuk passwordnya sudah dibahas diatas oleh kaNsHa_cHaN..

      Atau kalaupun ada kerusakan dengan link-nya agan bisa cek diforum ini..
      Uploader aslinya ada di forum tersebut.

      http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=40529

      Semoga membantu..

      Hapus
    2. terimakasih gan.

      dh bisa sekarang.
      saya baru paham tadi tentang paswordnya dikasih spasi dulu ternyata,

      hehe....

      sangat membantu gan,

      Hapus
    3. Thanks ya gan udah mampir..hehe

      Hapus
  13. KOk 20 cevtury boys yang chapter two and three udah ga ada file nya gan ..
    ReUpload donk, hehe

    BalasHapus
  14. wow... keren bgt filmnya...
    tapi ga ada yah genrenya yang comedy romance...
    tolong dunk kak share japanese movie yang genrenya comedy romance...
    arigato...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekedar ngasih saran aja kalo mau genre comedy romance bisa liat film nya hanazakari no kimitachi e memang itu bukan movie tapi dorama. disitu kita bisa liat gimana adu akting nya shun oguri sama horikita maki dan banyak scene2 komedy di dalam nya dan di film itu juga banyak bertaburan bintang2 film :)

      Hapus
    2. makasih brother....
      tapi aku dah nonton drama itu...
      itu kan Hanakimi....
      but,,, thanks yooooo

      Hapus
    3. Thanks ya sis junita udah mampir..

      Comedy Romance ya.. Densha Otoko sama Detroit Metal City memang gk termasuk genre comedy romance ya. Memang sih gk seromantis film2 korea punya..hehehe

      Klo untuk Comedy Romance khas movie Jepang saya juga kurang banyak referensi, tp saya coba "ubek-ubek" koleksi film yg pernah saya tonton, ini hasilnya :
      1. Cyborg, She (2008) --> (+) Lucu, menghibur dan plus-nya ada Haruka Ayase.. :) (-) Ceritanya simple dan cenderung ketebak
      2. Instant Swamp (2009) --> (+) Lucu, pengambilan gambar dan alurnya keren, tonton deh. (-) Apa ya..hehehe
      3. Densha Otoko (2005) --> Ada di review
      4. Detroit Metal City (2008) --> Ada di review
      5. Nodame Cantabile Movie (2009) --> Ini sebenarnya dr serial drama

      Segitu aja ternyata, tapi coba tonton juga film ini deh, dijamin terhibur..
      Moteki (2011), Summer Time Machine Blues (2005), The Girl Who Leapt Through Time (2010), Paradise Kiss (2011), Tokyo Girl (2008) --> Mungkin gak bisa dibilang Comedy Romance sepenuhnya sih. :)

      Nah tapi kalau untuk J-Dorama, cukup banyak loh yg bergenre ini..
      1. Hanazakari no Kimitachi e --> Sesuai ulasan bro ade lutvy
      2. Nodame Cantabile --> Tentang si Bodoh Nodame dan si Jenius Shinichi didalam balutan musik klasik.
      3. My Boss My Hero --> Wah ini jawaranya genre ini
      4. Densha Otoko serial --> Lebih bagus dr movienya
      5. Zettai Kareshi --> Pacaran sama Cyborg.. hehe
      6. Buzzer Beat --> Mungkin terlalu serius sih..
      7. Proposal Daisakusen --> top bgt ceritanya, pelajaran untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan sebelum menyesal
      8. Hana Yori Dango --> Romantis khas tao ming tse..
      9. Shimokita Glory Days --> Ini sih favorite-nya kaum adam..
      9. Lupaaaa..

      Yah segitu dulu yah.. #pusing

      Hapus
    4. lengkap bgt.... makasih bangt yah kak.....
      blog kakak bermamfaat bgt..
      jiach... like like like...(y)

      Hapus
  15. Rar nya gak bisa di extrak yang FISH STORY (2009)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih bisa gan, coba ekstensi RAR-nya dibanti sama AVI.. Semoga bisa ya gan, soalnya saya juga nonton dari file download itu juga..

      Hapus
  16. film jepang apa lagi yang recommended kak?
    saya uda nonton separuh dari film yang kakak review di sini dan keren bgt
    kira2 film apa lagi ya?
    terutama yang ada Aoi Miyazaki nya
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ya agan, Maaf ya gan lama respon'nya, alasan "kesibukan".. *klasikbangetya

      Di part 1 dari Review ini ada loh salah film Aoi yang saya suka, Heavenly Forest (2006), dan sebenarnya ada beberapa film Miss Aoi yang lumayan menarik yg kebetulan saya sudah tonton.

      1. Solanin --> nah ini tuh adegan terakhir pas dia bawain lagu "Solanin" (yang aslinya dibawain sama Asian Kungfu Generation) benar2 tak terlupakan loh..hehehe

      2. Su Ki Da --> Pemerannya top quality semua, dan ceritanya melankolis khas cinta SMA, Kalau suka film2 yg pure Love, Su-ki-da is highly recommended.

      Hapus
  17. LOVE EXPOSURE / AI NO MUKIDASHI (2008)
    yang part 3 nya kok ngk bisa di download gan ? ? ?
    mohon bantuannya . . . .

    thanks ya rekomendasi + link download nya . . . .
    ditunggu info selanjutnya ttg JEPANG . . . .
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ya agan, Maaf ya gan lama respon'nya, alasan "kesibukan".. *klasikbangetya

      Aneh ya, kok saya coba Love Exposure yang part 3 bisa ya..
      Saya coba download lagi tadi menggunakan IDM masih bisa kok gan..

      Mungkin agan atau sis disini ada yang punya solusi.. CMIIW

      Hapus
  18. iya nih yg LOVE EXPOSURE / AI NO MUKIDASHI (2008) part 3 gk bisa di donlot gan.. MOHON PENCERAHANNYA :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ya..
      Jawabannya sama seperti agan My Blogger..

      Hapus
  19. Ane bookmark ya bang, review abang keren, kayaknya paham betul apa yang abang pantengin, betul apa kata agan ari wafa, tulisan abang sistematis dan efisien, plus rapih. Cocok betul abang jadi KURATOR...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ya agan Nurul Huda,

      Terima kasih atas pujiannya, semoga semangat nulis review film'nya tetap terjaga. Dan yang terpenting spesial thank-nya untuk para Uploader dari Forum IDWS.

      Sering mampir ke Blog saya ya gan, saya ada rencana nulis review juga tentang serial Drama Jepang, semoga terwujud.

      Hapus
  20. Wah membantu sekali review nya, terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ya sis Puspa Widya Kencana,

      Saya anggap sebagai motivasi, dan spesial thanks untuk para Uploader dari Forum IDWS.

      Semoga review yang saya tulis dapat bermanfaat ya. :)

      Hapus
  21. sangat meyakinkan banget review-nya gan bagus banget tulisannya ,
    sangat membantu , terima kasih ...

    Semoga lebih semangat lagi biar film yang di review nya lebih banyak lagi ., maju terus GANBATE ganbate ,. :D

    Terus saya minta review film ,yang mirip-mirip GTO(Great Teacher Onizuka) gan , Tolong bantu ...... Soalnnya saya suka banget sama film nya , sekali lagi THANKS .. hahahahhaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ya agan Riki Widiyansah,

      Terima kasih atas review dari agan tentang tulisan saya, benar-benar nih agan sukses memancing semangat saya untuk menulis review lagi.. hehehe

      GTO ya gan, waaah jadi terinspirasi ingin mereview tentang tema-tema tertentu untuk serial Drama Jepang, semoga terwujud.

      Semoga bermanfaat ya. Thank u very much. :)

      Hapus
    2. AMIENNNNNNNNNN ............ Semoga terwujud !!!

      Hapus
  22. gan ini teh semuanya udh ada sub indonya belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semuanya subtitle English gan..

      Tapi di subscene ada kok yang versi Indonesia kalau mau dicari..

      Hapus
  23. gan, kalo boleh tw dorama yg mirip2 CROWS ZERO apa aja ya. tentang geng2 di sekolah atau geng motor gitu. kalo gak yang mirip2 700 DAYS OF BATTLE US VS THE POLICE, koplak2 gmn gtu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dorama yang mirip Crow Zero yang pernah saya tonton judulnya Kamen Teacher klo gak salah.. Tapi jangan agan harapkan bisa selucu 700 DAYS OF BATTLE US VS THE POLICE..

      Hapus
  24. bagus banget bang, bisa ajarkan saya

    BalasHapus
  25. Balasan
    1. Saya pilih yang easy listening semua, supaya nyaman pas buka Blog sendiri.. :)

      Hapus
  26. gan file downloadnya selain di indowebster ada gx ane gx bisa download kalo di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judulnya kan udah ada, tinggal search aja keywordnya di Google.. Yakin 100% link yang agan mau pasti ketemu, entah berupa link atau torrent..

      Oke, happy surfing ya gan..!!

      Hapus
  27. gan , AI NO MUKIDASHI yg part 1 nya kok ngk bisa di download ya ??
    mohon bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOVE EXPOSURE part 1 gk bisa..

      Kok saya coba lagi bisa ya.. Mungkin waktu itu IDWS sedang maintenance ya..

      Hapus
  28. Film kisaragi paling menarik menurut saya, soalnya bisa menggabungkan komedi dan misteri dalam satu cerita, ga nyesel nonton filmnya...
    yang saya penasaran bagian terakhir seseorang yang mengatakan dia di bunuh sambil menggang kabel, itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan, terlebih akting pemain2 nya top abis.
      Wah bagian yang agan bilang malah saya kelewatan juga, bagian mana ya statement begitu.. biar saya nonton lagi klo gt..

      Hapus
  29. Briliant,,, resensi movienya bahasanya mantap dan enak dibaca,, untuk film2 Korea ato Barat mungkin bisa dibikinin kayak list ini juga :D

    BalasHapus
  30. 1 film rekomendasi dari saya : I wish / Kiseki (2011)

    BalasHapus
  31. seru2 nih kayaknya
    baiklah agan...saya coba download dan nonton satu2 ^^

    BalasHapus
  32. gan, ane udah download memories of matsuko plus subnya. tapi kok sub cd 2nya rada ngga sinkron gitu ya. ada saran?

    BalasHapus
  33. Mas Agan... kalo 700 days us vs police gmn mnurut Agan??
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Funny, fresh, booster mood, and remarkable.

      Coba tonton, semoga kesannya sama. :)

      Hapus
  34. keren gan reviewnya. . . ntar didownload atu2. tapi, sebagian ane udah nonton, sih. btw, punya linknya film jepang summer time machine blues? swear, ane ubek2 di mbah google ga dapt yg pas :3

    BalasHapus
  35. hampir dr smua rekomen d blog ini saya punya XD tp jujur hasil dicopy org smua haha dan itu br beberapa yg dtonton pdhl udah mnjamur d ntbuk sy lbih dr 2 th ... baru baca rekomen ini jd tertarik buat nntn~ thx gaaan ^^b

    BalasHapus
  36. gan, file kisaragi setelah di ekstrak kok ga ada suaranya, itu knp ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah..udah bisa, harus pake dice player ternyata hehe..

      Hapus
  37. kisaragi ga ada sub indo-nya ya?

    BalasHapus
  38. Menurut ane Yang gak kalah Bagus nya juga
    film : Time Traveller (gadis yang melompati waktu)
    ane sampe 10 kali kagak bosen nontonnya,sedih nya sampe di hati.

    Film : I give my first love to you
    Film: koizora sky of love
    Film : Hanamizuki
    untuk J-dorama Majisuka gakuen 1-2 itu pesannya dapet banget.

    Gimana setuju gk sama ane gan ?

    BalasHapus
  39. judulnya Beck sob.... musik, cita-cita, persahabatan, kerjakeras, tekad... mantaap pokoknya deh sob....

    BalasHapus
  40. thx gan untuk shared nya ... klo bisa di tambah lagi untuk recomendasi movie nya atau bisa di buat berdasarkan review genre nya hehe gomen banyak permintaan... tgg untuk update nya.. :D

    BalasHapus
  41. Pengen banget nontonnya tp kebanyakan subs indo nya gk ada .:(

    BalasHapus
  42. Artikelnya mantap, gan. Boleh saran, I give my first love to you, itu salah satu film yang menurutku paling melankolis, gan hehe. Sukses terus, blognya.

    BalasHapus
  43. gan bisa kasih list j-movie tentang musik apa aja gan , terima kasih mohon infonya

    BalasHapus
  44. Agan fajar..tolong dong..aq udah download death note yg first name part2 tp ga bs dbuka d media player manapun..makasiy

    BalasHapus
  45. bray, 13 assassin ga bisa disedot. re-upload dong. ane suka film epic gan

    BalasHapus
  46. coba aja liat SUMMER TIME MACHINE BLUES, pasti suka dehh..

    BalasHapus
  47. Bang Fajar, tulisannya menarik sekali. Menggiurkan tapi tidak memberikan spoiler.
    Saya sudah download beberapa yang direkomendasikan dan hasilnya memuaskan! :D

    Ditunggu review yang doramanya~:D

    BalasHapus
  48. mas fajar coba review dan share film2 akira kurosawa ya

    BalasHapus
  49. makasih gan ane dah donlot sebagian :D , mau recomend boleh ya,, coba deh nonton the girl in the sunny place..dijamin seru gan

    BalasHapus
  50. gan mau nanya judul film jepang yang ceritanya psk sadar karena seorang dosen apa ya

    BalasHapus
  51. film sejenis crows zero yg pertarungan apalagi ya gan yg bagus

    BalasHapus
  52. bang fajar film sejenis 700 days us vs police mana ?? katanya mau dimasukin list 20 dah nunggu dari dulu nih

    BalasHapus