Rabu, 04 September 2013

Fakta-Fakta Unik di Hari Kemerdekaan Indonesia


Tujuh belas Agustus tahun empat lima adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dan seluruh rakyatnya. Karena pada tanggal tersebut merupakan awal kebangkitan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah sekaligus penanda awalnya sebuah Revolusi. Namun tahukah Anda, ada beberapa fakta unik dan menarik, mengenai hari kemerdekaan negara kita tercinta ini yang akan sayang jika Anda lewatkan. Ini dia fakta-fakta unik mengenai hari kemerdekaan Indonesia. 



Presiden Soekarno sakit saat memproklamasikan Kemerdekaan RI
Ternyata, 2 jam sebelum pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI pada pukul 10.00 WIB tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno masih tidur pulas di kamarnya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Cikini-Jakarta Pusat akibat serangan penyakit malaria tertiana. Suhu badannya sangat tinggi setelah semalam begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Setelah dokter pribadinya yang bernama dr. Soeharto datang dan mengaliri chinineurethan intramusculair di darahnya dan menenggak pil brom chinine, ia tertidur pulas hingga pukul 09.00 WIB. Dan kemudian baru pada pukul 10.00 WIB memproklamasikan Kemerdekaan RI.

Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI sangat sederhana 
Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI berlangsung sangat sederhana; tanpa protokol, tak ada korps musik dan konduktor, tak ada pancaragam dan tiang bendera menggunakan bambu kasar yang ditancapkan beberapa menit sebelum upacara.

Naskah asli Proklamasi ditemukan di tempat sampah 
Naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didikte oleh Bung Hatta pada mulanya tidak disimpan oleh Pemerintah Indonesia. Naskah itu justru disimpan dengan baik oleh seorang wartawan bernama BM Diah. Konon, Diah menemukan naskah asli itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda pada 17 Agustus 1945 dini hari. Diah menyerahkan naskah itu kepada Presiden Soeharto setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari.

Sang Saka Merah Putih dari sprei dan kain milik tukang soto 
Ternyata bendera resmi pertama RI itu, kain putihnya terbuat dari kain sprei dan merahnya dari kain milik tukang soto.

Penulisan tanggal di teks Proklamasi Kemerdekaan RI adalah Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen ‘05
Arti dari tahun ’05 ternyata adalah kependekkan dari 2605 tahun Jepang. Pada saat itu Indonesia sedang dalam masa penjajahan Jepang, dan pada saat itu tahun di Jepang menunjukkan tahun 2605. Karena hal tersebut maka pada teks proklamasi Republik Indonesia dituliskan 17 boelan 8 tahoen ’05.

Mendur Bersaudara, Si Pengabdi Momen Proklamasi
Tanpa jasa kedua wartawan kakak beradik ini (Frans dan Alex Mendur), rakyat Indonesia tak akan mungkin bisa menikmati foto di atas, yaitu momen sejarah ketika Ir Soekarno-Muhammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Perjuangan Mendur Bersaudara menyelamatkan negatif foto proklamasi pun tidak mudah. Negatif milik Alex berhasil dirampas lalu dihancurkan oleh tentara Jepang. Tapi syukur, Frans menyimpan negatif lainnya. Frans berhasil menyelamatkan negatif foto dengan cara menguburnya di halaman kantor Asia Raja. 

Palestina yang pertama kali mengakui Kemerdekaan RI 
Ketika tak ada satu negara di dunia pun yang secara berani dan tegas mengakui Kemerdekaan RI, Syekh Muhammad Amin al-Husaini (Mufti Palestina) hadir sebagai yang pertama memberikan pengakuan dan ucapan selamat atas Kemerdekaan RI. Tak hanya itu, beliau juga mendesak negara-negara Timur Tengah untuk mengakui Kemerdekaan Indonesia sehingga berhasil meyakinkan Mesir, Suriah, Irak, Libanon, Yaman, Arab Saudi dan Afghanistan.

*SUMBER: MIZAN.COM, MERDEKA.COM, TRIBUNNEWS.COM

4 komentar:

  1. Selamat Malam Mohon Maaf Ya Kami Numpang Promo
    Poker555.net adalah Situs Dewa Poker Online Terbaik di Indonesia
    -Minimal deposit & Withdraw Rp.15.000
    -Bonus Deposit untuk (new member 10%)
    -Bonus Rollingan 0,5%
    -Bonus Referral 10%
    -Server kami 100% murni Player to Player (Tidak Ada Memakai Robot)
    -Dengan server yang kami gunakan berkecepatan tinggi hingga membuat permainan poker menjadi lebih nyaman
    -Membeli jackpot 1ribu rupiah bisa mendapatkan (30.000.000)
    -Membeli jackpot 2ribu rupiah bisa mendapatkan (60.000.000)
    -Untuk info yang lebih jelas silahkan Hubungi CS kami :
    -liveChat : www.poker555.net
    -Pin bbm : 5685366c
    Kami akan melayani anda selama 24 jam Online Setiap hari nya.
    Tunggu apa lagi, buruan Daftarkan diri Anda di www.Poker555.net
    Raih hadiah Jackpot setiap harinya puluhan Juta Rupiah.
    http://agenpoker555.blogspot.com/

    BalasHapus