Minggu, 13 Oktober 2013

Kumpulan Lagu Asing Yang Mengandung Pelajaran Tentang Hidup

Recomended by Fajar Nuswantoro
Semua orang pastinya memiliki playlist lagu-lagu favorit disetiap gadgetnya, tanpa terkecuali saya. Nah disini saya ingin sedikit share unek-unek tentang beberapa lagu-lagu favorit saya yang tidak hanya indah ditelinga tetapi memiliki makna-makna yang bisa menjadi bahan pelajaran untuk hidup, entah dalam hal sosial, alam, motivasi, persahabatan, rutinitas, realita bahkan paradigma. Biasanya tipe lagu yang dinikmati dan dipahami maknanya lebih evergreen dibandingkan tipe  lagu yang hanya hits pada zamannya.

Please relax, free your mind, take easy, and here we goo..!! 


Note : Bila ingin memutar video Youtube-nya, disarankan mematikan backsound Blog ini dibagian paling bawah dari halaman ini. (Read : Soundhound)

1. What About Now - Daughtry (KEMANUSIAAN)


Makna : 
Lagu ini menggambarkan realitas tentang kondisi kemanusiaan yang terjadi saat ini (tentang keadilan dan ketidak-adilan) serta ajakan untuk bersatu melakukan perubahan bersama. Belum lagi bila menonton video klip diatas yang sangat menyentuh dan menggerakan jiwa kita untuk bertindak atas nama kemanusiaan. Hingga salah satu dari kita bertekad "enough is enough, I'm end of this injusticeBaby, before it's too late !! What about now? "

Reff :
What about now?
What about today?
What if you're making me all that I was meant to be?
What if our love, it never went away?
What if it's lost behind words we could never find?
Baby, before it's too late,
What about now?


2. Viva La Vida - Coldplay (KEKUASAAN / POLITIK)

Makna :
Lagu ini sebenarnya berkisah mengenai bagaimana kekuasaan/politik itu berjalan. Coldplay menggambarkannya melalui model sejarah Perang Salib, sebuah perang yang terkenal cukup panjang dalam sejarah umat manusia. Bagaimana penakluk dunia yang adil mendapatkan kekuasaannya dari penguasa sebelumnya, menjadi penguasa yang hebat, didukung dan disambut bak penguasa dunia, semua pujian mengalir bagaikan ombak mengakibatkan menjadi penguasa yang Zalim, hingga waktunya muncul pemberontakan yang menginginkan Revolusi menyeluruh, disaat itu semua kekuatan, dukungan, kekuasaan dan wibawa lenyap begitu saja meninggalkan sang penguasa. Muncullah penguasa yang baru hasil penaklukan penguasa sebelumnya. Dan menyimpulkan bahwa "sejarah selalu berputar dan terulang, bukan berjalan maju kedepan". Masih percaya dengan politik?

Reff :
I hear Jerusalem bells are ringing
Roman Cavalry choirs are singing
Be my mirror, my sword and shield
My missionaries in a foreign field

For some reason I can't explain

Once you go there was never
Never an honest word
And that was when I ruled the world



3. We Will Not Go Down - Michael Heart (KEMERDEKAAN)


Makna :
Heart memperoleh perhatian dunia ketika ia menulis lagu We Will Not Go Down, yang merupakan bentuk simpatinya atas tragedi pembantaian Israel ke Gaza dan dukungan atas kemerdekaan Palestina, akhir Desember 2008 hingga Januari 2009. Lagu ini ia sediakan secara gratis untuk di-download dari situs pribadinya, namun ia menyarankan dalam situsnya untuk memberikan donasi untuk Gaza melalui United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East. Saat mendengar lirik "But our spirit will never die, We will not go down, In Gaza tonight" semangat dan keyakinan anda akan berkobar layaknya pejuang yang siap berperang !!

Reff :
But their powerless words were in vain
And the bombs fell down like acid rain
But through the tears and the blood and the pain
You can still hear that voice through the smoky haze

We will not go down

In the night, without a fight
You can burn up our mosques and our homes and our schools
But our spirit will never die
We will not go down
In Gaza tonight



4. Cancer - My Chemical Romance (KESEHATAN)


Makna :
Lagu ini bercerita tentang seorang pasien yang menderita penyakit kanker. Lirik dalam Lagu ini diceritakan dari perspektif sang pasien. Tapi, yang lebih membuatnya sakit lagi, saat dia memikirkan bagaimana perasaan orang-orang dekat yang akan ditinggalnya.
Bait demi bait lirik lagu ini benar-benar meggambarkan sakit yang diderita oleh sang pasien. Mulai dari rambut rontok akibat kanker, efek dari chemo therapy, sampai sakit hati yang dirasakan. Menjelaskan dengan gamblang akan pentingnya kesehatan dan syukurilah masa sehat yang kita rasakan kini. Sedih rasanya!!

Reff :
Now turn away, 
'Cause I'm awful just to see 
'Cause all my hairs abandoned all my body, 
Oh, my agony, 
Know that I will never marry, 
Baby, I'm just soggy from the chemo
But counting down the days to go
It just ain't living
And I just hope you know

That if you say (if you say)

Goodbye today (goodbye today)
I'd ask you to be true (cause I'd ask you to be true)

'Cause the hardest part of this is leaving you

'Cause the hardest part of this is leaving you



5. Ode To My Family - The Cranberries (KELUARGA)


Makna :
Setiap dengar lagu ini, seperti sedang menonton sebuah video lama. Ya benar, lagu Ode to My Family bercerita tentang keluarga. Bagaimana kesabaran dan bakti orang tua kita saat membesarkan kita tanpa pamrin dilandasi dengan kasih sayang yang tulus. Terkadang memang kita sering lupa bahwa saat kita semakin bertambah tua, orang tua kita juga makin tua. Oleh karena itu sayangilah dan bahagiakanlah orang tuamu. Ode To My Family!!

Reff :
Unhappiness where's when I was young, 
And we didn't give a damn, 
'Cause we were raised, 
To see life as fun and take it if we can. 

My mother, my mother, 
She hold me, she hold me, when I was out there. 
My father, my father, 
He liked me, oh, he liked me



6. Super Massive Black Hole - Muse (KONSPIRASI)


Makna :
Banyak review yang menyatakan lagu ini tersirat pesan-pesan tentang konspirasi Illiminati terhadap aganda-agenda besar dunia, baik secara ekonomi, media, politik maupun militer. Benar atau tidak tapi lagu Super Massive Black Hole ini memang cukup unik bila dicerna maknanya secara harfiah dan belum lagi disimak video klip yang terlihat abstrak. Seperti dalam lirik ini "I thought I was a fool for no-one, Oh baby I’m a fool for you". Mungkin saat ini dunia memang sedang dibodohi oleh medianya. Agree?

Reff :
I thought I was a fool for no one
Oh baby I'm a fool for you
You're the queen of the superficial
And how long before you tell the truth

You set my soul alight

You set my soul alight
Glaciers melting in the dead of night
And the superstars sucked into the supermassive



6. 100 Years - Five for Fighting (WAKTU)


Makna :
Lagu ini menjadi favorit saya dalam waktu yang lama, selain vokalnya yang renyah yang ditemani dentuman piano yang indah memperdalam makna yang baik untuk diresapi sepanjang lagu. Ya lagu ini bercerita tentang “manusia berumur 100 tahun” yang menceritakan kisah hidupnya. Intinya adalah waktu muda adalah waktu ideal untuk mengetahui potensi kita, dan waktunya untuk memilih jalan hidup yang kita mesti jalani dengan penuh tanggung jawab. Agar tidak menyesal di kemudian hari, terlebih di hari tua.

Reff :
15 there’s still time for you
Time to buy and time to choose
Hey 15, there’s never a wish better than this
When you only got 100 years to live



7. The Spirit Carries On - Dream Theater (KEHIDUPAN)


Makna :
Lagu ini diawali dengan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan untuk menyadarkan kita mengenai jatidiri kita sebagai manusia. Saat kita mau merenungkan betul apa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, maka seharusnya kita akan semakin menyadari bahwa kita adalah hamba Tuhan. Menyadari bahwa yang mati adalah raganya, tidak jiwanya. Jiwanya akan tetap hidup. Artinya kematian bahkan bukanlah akhir dari kehidupan sebenarnya. Takut menghadapi kematian itu adalah hal yang wajar. Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita mempersiapkan kematian kita, leaving a great legacy. Agar kenangan kebaikan tentang diri kita atau apa yang telah kita perbuat, bisa terus ada walaupun secara fisik kita sudah tidak ada di dunia ini.

Reff :
I may never find all the answers
I may never understand why
I may never prove
What I know to be true
But I know that I still have to try

If I die tomorrow
I'd be alright
Because I believe
That after we're gone
The spirit carries on



8. Out Of Time - Blur (RUTINITAS)


Makna :
Mungkin banyak yang tidak mengetahui lagu Blur yang satu ini, tapi bila didengarkan baik-baik lirik lagu ini cukup bagus, walaupun intronya cukup lama dan beat lambat khas Blur. Lagu ini menceritakan tentang rutinitas yang dihadapi oleh manusia, begitu sibuknya hingga terkadang lupa dengan apa yang terjadi disekitarnya. Blur agak menyindir tentang bagaimana generasi sekarang yang agak acuh-tak acuh dan tidak sensitif dengan kondisi lingkungannya, dikarenakan rutinitasnya yang padat. Seperti lirik ini "And you've been so busy lately, that you haven't found the time, To open up your mind, And watch the world spinning gently out of time" !!

Reff :
Where's the love song?
To set us free
Too many people down
Everything turning the wrong way around
And I don't know what love will be
But if we start dreaming now
Lord knows we'll never leave the clouds

And you've been so busy lately
that you haven't found the time
To open up your mind
And watch the world spinning gently out of time



9. Stigmatized - The Calling (PERBEDAAN)


Makna :
The Calling memang terkenal dengan lagu Wherever You Will Go, Adrienne, dan For You. Tetapi ada satu lagu ciptaan mereka yang masuk dalam favorite saya, Stigmatized. Lagu ini menggambarkan perbedaan dalam bermasyarakat baik secara bangsa, budaya dan agama hingga menimbulkan stigma. Tapi dibalik keberagaman ini, semuanya bisa berjalan dengan damai walaupun banyak gesekan yang terjadi akibat perbedaan itu. "If I give up on you I give up on me, If we fight what's true, will we ever be" diawal lirik menggambarkan bahwa tenggang rasa tidak ada batasan limit dalam hal perdamaian.

Reff :
I believe in you
Even if no one understands
I believe in you, and i don't really give a damn
If we're stigmatized
We live our lives on different sides
But we keep together you and I
We live our lives on different sides

We gotta live our lives
Gotta live our lives
Were gonna live our lives
We're gonna live our lives, Gonna live our lives,
Stigmatized



10. Skyscraper - Demi Lovato (MOTIVASI)

Makna :

Lagu ini mengajarkan bahwa kita harus bisa kuat dalam menghadapi masalah dan tidak boleh gampang down, layaknya gedung pencakar langit yang tetep berdiri tegak apapun yang terjadi. Demi menyanyikan lagu ini dengan begitu indah dan penuh penghayatan sampai-sampai memotovasi yang mendengarnya (lebih tepatnya mengena dihati). 

Reff :
Skies are crying, I am watching
Catching tear drops in my hands
Only silence as it's ending
Like we never had a chance
Do you have to make me feel like
There's nothing left of me?

You can take everything I have
You can break everything I am
Like I'm made of glass
Like I'm made of paper
Go on and try to tear me down
I will be rising from the ground
Like a skyscraper
Like a skyscraper



11. Alhamdulillah - Too Phat & Yasin (IMAN)

Makna :

Lagu ini mengajarkan bahwa hidup ini adalah untuk menyembah Allah SWT. Dijelaskan bahwa segala yang terjadi dalam hidup ini semua kita kembalikan lagi kepada sang Pencipta, jauhi sikap benci dan ketamakan dalam hidup. Alunan rap yang dinamis dan dibumbui alunan nasyid membuat lagu ini enak didengar.

Reff :
Dear God
You made it possible
When facing obstacles
Please let me do good
Before I pass on
In the hospital
And keep reciting
The Testimony of Faith
And find the right way
Out of this life's maze

Ult li albi bissaraha (I'm opening up my heart with honesty)

Hayya nab'idil karaha (Let's avoid the hated and hatred)
Syakkireena a' kulli ni'ma (Let's remain thankful with what we have)
Ba' ideena anil fattana (Let's avoid all lies and sins)



12. Kimi Ga Kureta Mono - Anohana (PERSAHABATAN)

Makna :

Maaf keselip satu lagu Jepang, pertama kali mendengarkan lagu ini, yang ada di pikiran saya saat itu adalah what a nice song! Walaupun sebenarnya belum tau artinya, tetapi melodinya yang indah. Sampai akhirnya ternyata liriknya yang begitu menyentuh bagaikan sebuah surat berisikan rasa terima kasih untuk sahabat yang selama ini sama-sama menemani selama masa muda, dan sekarang terpisah jarak dan waktu. "Thank you from the bottom of your heart, farewell while smiling and holding back tears is so hard, such great memories".

Reff :
I'll never forget being with you at the end of summer 
with our dreams of the future and big hopes
i believe that ten years later in august, we'll meet again
i knew that, until the end, you were shouting

Thank you from the bottom of your heart

farewell while smiling and holding back tears is so hard
such great memories...
Such great memories...


13. If I Die Young - The Band Perry (KEMATIAN)

Makna :

Lagu ini menggambarkan bahwa terkadang seseorang akan dihargai dan diakui setelah dia (maaf) meninggal. Ya lirik ini menceritakan bahwa hidup yang singkat ini terkadang manusia lupa akan sesuatu / seseorang yang penting bagi hidupnya, tetapi ketika sesuatu / seseorang menghilang baru kita sangat menyesal baru menyadarinya.

Reff :
A penny for my thoughts, oh, no, I'll sell 'em for a dollar
They're worth so much more after I'm a goner
And maybe then you'll hear the words I been singin'
Funny when you're dead how people start listenin'

If I die young, bury me in satin
Lay me down on a bed of roses
Sink me in the river at dawn
Send me away with the words of a love song


14. Imagine - John Lennon (PERSATUAN)

Makna :
Lagu ini yang dinyanyikan oleh John Lennon ini memang terkenal fenomenal tapi juga kontroversial. Banyak yang menyebutnya anti agama, anti nasionalistis, anti konvensional, anti kapitalistis. Tapi apapun stigma yang dilekatkan oleh lagu ini, sebenarnya lagu ini hanya membuat sebuat angan-angan bila seluruh dunia ini menghilangkan perbedaan dan bersatu untuk masa depan yang lebih baik. True or not? Up to you.

Reff :
You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will be as one
Imagine no possessions
I wonder if you can
No need for greed or hunger
A brotherhood of man
Imagine all the people
Sharing all the world

You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will live as one


15. This Is War - Thirty Seconds To Mars (PERANG)

Makna :
Thirty Seconds To Mars ini memang terkenal sedikit kontroversial dikarenakan lagu-lagunya menyiratkan faktor "Illuminati". Tapi terlepas dari faktor itu, lagu ini menceritakan tentang bagaimana perang itu terjadi, faktor-faktor yang mempengaruhi perang tersebut. The good and the evil, disebutkan diawal lirik. Jelas bahwa dalam perang selalu muncul dalam warna hitam dan putih, walaupun sebenarnya lebih tepat dalam warna abu-abu. The soldierthe civilianThe martyrthe victim disebutkan adalah pihak-pihak yang merasakan dampak perang tersebut. The prophet,the liar, the honest, the leader, the pariah, the victor, the messiah adalah pihak-pihak yang berperan dalam jalannya perang. Dan diakhiri dengan kata "Brave new world" seakan-akan perang dalam lagu ini ditujukan untuk sebuah 'Dunia baru'. Agree?

Reff :
It's the moment of truth, and the moment to lie,
The moment to live and the moment to die,
The moment to fight, the moment to fight
To fight, to fight, to fight!

To the right, To the left
We will fight to the death!
To the edge of the earth
It's a brave new world
From the last to the first

To the right, To the left
We will fight to the death!
To the edge of the earth
It's a brave new world
It's a brave new world!

16. Heal The World - Michael Jackson (PERDAMAIAN)

Makna :
Lagu ‘Heal the World’ meninggalkan pesan anti-perang, anti-rasisme dan anti-diskriminasi di dunia. Seperti dikutip dalam lagunya : “There are children crying and people dying and our world is suffering.” Sekarang tergantung kita semua untuk memperbaiki dunia ini dari pemanasan global, kemiskinan, wabah penyakit, pendidikan dan masalah-masalah lain yang mengganggu kita. Hanya kepedulian kita lah yang akan membuat dunia ini menjadi lebih baik untuk anak cucu kita kelak dan umat manusia secara keseluruhan. 

Reff :
We Could Fly So High
Let Our Spirits Never Die
In My Heart
I Feel You Are All
My Brothers
Create A World With
No Fear
Together We'll Cry
Happy Tears
See The Nations Turn
Their Swords
Into Plowshares

We Could Really Get There
If You Cared Enough
For The Living
Make A Little Space
To Make A Better Place...

Heal The World
Make It A Better Place
For You And For Me
And The Entire Human Race
There Are People Dying
If You Care Enough
For The Living
Make A Better Place
For You And For Me

THE END

Huuuuft, segini dulu ya teman-teman. Semoga bermanfaat dan sama-sama menambah wawasan kita bersama. Bila memang ada yang mau ditambahkan atau tidak setuju, silahkan ditambahkan dikomen dibawah ini.

Agree?
See you.. ^_^v

sumber : http://www.youtube.com
                 http://www.azlyrics.com

4 komentar:

  1. Suka Tulisan ini, tapi ada satu lagu lainnya dari Coldplay yang menurut pribadiku pantas untuk didengarkan.. Fix you, tentang keikhlasan... keikhlasan untuk melepaskan seseorang yang kau cintai

    BalasHapus
  2. Selamat Malam Mohon Maaf Ya Kami Numpang Promo
    Poker555.net adalah Situs Dewa Poker Online Terbaik di Indonesia
    -Minimal deposit & Withdraw Rp.15.000
    -Bonus Deposit untuk (new member 10%)
    -Bonus Rollingan 0,5%
    -Bonus Referral 10%
    -Server kami 100% murni Player to Player (Tidak Ada Memakai Robot)
    -Dengan server yang kami gunakan berkecepatan tinggi hingga membuat permainan poker menjadi lebih nyaman
    -Membeli jackpot 1ribu rupiah bisa mendapatkan (30.000.000)
    -Membeli jackpot 2ribu rupiah bisa mendapatkan (60.000.000)
    -Untuk info yang lebih jelas silahkan Hubungi CS kami :
    -liveChat : www.poker555.net
    -Pin bbm : 5685366c
    Kami akan melayani anda selama 24 jam Online Setiap hari nya.
    Tunggu apa lagi, buruan Daftarkan diri Anda di www.Poker555.net
    Raih hadiah Jackpot setiap harinya puluhan Juta Rupiah.
    http://agenpoker555.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. saya sangat menyukai artikel anda. artikel ini menmbah wawasan saya. terus berkarya boss

    BalasHapus
  4. gabung dan daftar segera di Bejoqq Poker Online terpercaya 100% player vs player nikmati pengalaman anda bermain di poker kami!

    BalasHapus