Selasa, 07 Januari 2014

Hati-Hati, Malware Ponsel Menyebar via WhatsApp


Bagi yang kerap menggunakan aplikasi chatting WhatsApp untuk komunikasi sesama teman, tampaknya harus lebih hati-hati. Pasalnya aplikasi chatting tersebut kini bisa disisipi malware yang berbahaya untuk ponsel pengguna.

Pengguna WhatsApp diharapkan lebih hati-hati jika ada pesan yang mengatakan seorang teman mengirim file lampiran berupa foto. Jangan pernah membuka tautan lampiran tersebut. Karena tautan itu berisi malware dalam golongan Wauchos. 

Pesan notifikasi pengiriman foto tersebut bertuliskan “Your friend has just sent you a photograph in WhatsApp. Open attachments to see what it is.” Jika ada pesan seperti itu muncul di aplikasi chatting WhatsApp, biarkan saja. Namun bila sudah dibuka, file foto palsu yang bernama (IMG003299.exe) itu akan menginfeksi ponsel. Malware tersebut tergolong malware yang berbahaya. Pasalnya ia hanya bisa terdeteksi oleh satu dari sembilan software anti-virus yang ada. 

Malware yang kerap menginfeksi lewat pesan WhatsApp bukan ini saja. Jika ada sebuah notifikasi pesan suara bertuliskan "new voicemail", juga jangan dihiraukan. Tautan tersebut juga merupakan malware.

Sumber: techno.okezone.com

1 komentar: