Senin, 03 Februari 2014

Hemat Kertas Itu......


Tanpa disadari, mungkin selama ini sebagian orang belum menyadari betapa pentingnya menghemat kertas. Padahal, perilaku boros kertas itu ternyata turut membantu laju pengurangan hutan (deforestasi). Sebagai gambaran, setiap 15 rim kertas ukuran A4 itu akan menebang 1 pohon. Setiap 7000 eks lempar koran yang kita baca setiap hari itu akan menghabiskan 10-17 pohon di hutan. Nah, bagaimana caranya agar kita bisa ikut andil dalam menghemat kertas? Simak tips berikut ini.


Pikir lagi sebelum ‘print’
Sebisa mungkin hindari mencetak dokumen atau e-mail yang tidak penting. Jika sekiranya dokumen atau apapun bentuknya itu tidak perlu di-print, sebaiknya Anda menjauhi kursor komputer Anda dari kata ‘print document’. Kalau nantinya hasil print tersebut tidak berguna dan dibuang, tentu Anda telah menyia-nyiakan kertas yang sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang lebih bersifat lebih penting.

Maksimalkan email
Untuk surat menyurat yang tidak terlalu penting dan tidak butuh bukti fisik berupa print surat, cukup gunakan email. Menggunakan email akan menghemat kertas dan juga biaya, karena Anda tidak perlu membayar biaya pos pengiriman surat. Undangan diskusi atau seminar juga lebih efektif dan hemat jika menggunakan email.

Manfaatkan media elektronik dan digital
Masyarakat modern selalu membutuhkan berita dan salah satu sumbernya adalah dari koran. Jika Anda sudah merasa cukup mendapatkan informasi atau berita dari media online atau internet, maka Anda tidak harus membeli koran atau majalah. Jika Anda berlangganan koran di rumah atau di kantor, kumpulkan koran tersebut dengan rapi dan jika sudah dalam jumlah cukup banyak, jual saja ke tukang loak, karena kertas koran bekas tersebut bisa didaur ulang.

Semoga dengan tips singkat di atas dapat mengispirasikan Anda untuk menghemat kertas. Jika sebuah organisasi terdiri dari 100 orang dapat menghemat 3 lembar kertas saja setiap hari, maka dalam setahun ada 156 batang pohon yang dapat diselamatkan.

*Sumber: jakarta.go.id, wwf.or.id, p-wec.org

1 komentar: